Selasa, 02 Februari 2021

Syarat dan Biaya Pendirian PT

0 comments

Begini Syarat Dan Cara Pendirian PT Tahun 2021 - Tahun 2021, prosedur dan syarat pendirian PT menjadi dipermudah. Pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan pembenahan di beberapa sektor, termasuk dalam prosedur pendirian PT. Terbukti dengan hadirnya Online Single Submission (OSS), portal satu pintu yang digunakan untuk mengurus Surat Izin Usaha dan Nomor Induk Berusaha. Pengurusan pendirian PT melalui OSS dapat menyingkat waktu.

Lantas bagaimana prosedur pendirian PT di tahun 2021? Berikut ketentuan berdasar UU Cipta Kerja tahun 2020:

Prosedur Pendirian PT 2021

Aturan Untuk PT UMKM

Jika sebelumnya, di dalam UUPT tahun 2007 PT didirikan oleh minimal 2 orang pemegang modal, maka pada Tahun 2021 aturan tersebut tidak berlaku. Saat ini, PT didirikan berdasarkan perjanjian untuk melakukan aktivitas usaha. Sehingga,  pelaku usaha mikro/ kecil tidak perlu mencari partner dalam mendirikan PT, asalkan jenis usaha masuk ke dalam kategori UMKM.

Bahkan pendirian PT UMKM tidak membutuhkan akta pendirian, cukup dengan surat pernyataan pendirian berbahasa Indonesia

Cara Mendapatkan Status Badan Hukum PT Tahun 2021

Sebelumnya, PT mendapatkan status hukum pada tanggal terbitnya Keputusan Menteri Hukum dan HAM. Namun kini, PT dapat mendapatkan status badan hukum setelah didaftarkan kepada MENKUMHAM, dan mendapatkan bukti pendaftaran

Aturan Modal Dasar Pendirian PT 2021

UUPT mengatur jumlah nominal modal dasar PT, yakni minimal sebesar 50 juta rupiah. Akan tetapi, saat ini aturan tersebut sudah berganti. Pada tahun 2021, besar modal dasar ditentukan oleh keputusan pendiri PT. Jelas aturan ini mempermudah pelaku usaha yang terkendala modal.

Mencabut UU NO. 3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan

Sejak semua proses dilakukan melalui OSS, maka legalitas usaha hanya berupa NIB (Nomor Induk Berusaha). NIB merupakan pengganti TDP.

Perizinan Usaha Berbasis Risiko

UU Cipta kerja telah mengganti konsep perizinan. Saat ini perizinan usaha dilihat dari tingkat risiko dan skala kegiatan usaha.

Tahapan  Pendirian PT Tahun 2021

1. Akta pendirian di notaris

Langkah pertama adalah mengurus Akta pendirian di Notaris. Pada saat pengurusan Akta notaris, semua pendiri atau pemegang saham harus hadir  dan menandatangani akta di depan notaris. Selanjutnya, Notaris akan membacakan poin-poin yang tercantum di dalam Akta Pendirian. Notaris akan meminta kelengkapan dokumen, bukti penyetoran modal setor, dan dokumen penunjang lainnya

2. Mengesahkan Akta Pendirian, dengan cara mendaftar kepada Menteri Hukum dan HAM.

Berdasar kepada UU Cipta Kerja, sekarang prosedur pengesahan status badan hukum berganti. Di mana PT akan mendapatkan status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menteri.

3. Mengurus izin usaha, izin komersial atau operasional

Sebelum beroperasi, sebuah perusahaan/ PT harus mengurus surat izin usaha, izin komersial dan operasional. Saat ini, pengurusannya cukup mudah karena melalui Online Single Submission OSS. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengurus surat izin / NIB secara terpisah, cukup satu pintu saja.

Ada dua tahap dalam mengurus izin melalui OSS, yatu:

  1. Aktivasi akun OSS

Untuk mengaktivasi akun OSS, Anda harus melakukan registrasi melalui laman OSS, selanjutnya memasukkan data pemegang modal/ pendiri PT. berikutnya Anda akan mendapatkan NIB yang berfungsi sebagai pengganti TDP, Nomor INduk Kepabean, dan Angka Pengenal Importir, serta Hak atas kepabean.

  1. Pemberian izin usaha, izin komersial atau operasional

Selanjutnya, Anda harus mengurus izin usaha sesuai dengan jenis kegiatan usaha yang digeluti. Di samping izin usaha, Anda juga perlu mengurus izin komersil/ operasional yang berdasarkan pemenuhan komitmen.

Apabila semua tahap di atas telah dilalui, maka Anda bisa menjalankan PT dengan aman dan nyaman.  Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang sedang mengurus izin pendirian PT.

Kata Kunci:

  • Pembuatan PT,
  • Jasa Pembuatan PT,
  • Pengurusan SIUJK,
  • Syarat dan Biaya Pendirian PT,
  • Pendirian CV,
  • Jasa pendirian cv,

PAKET Biaya Jasa Pendirian PT PMA SIUJK Sbu izin SIUJPT NIB

Alamat:

Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RT.17/RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350

 

No. Telpon:

+6281297879901

 

Situs:

http://tamasolusi.com/  

 

Link Google Bisnisku:

https://goo.gl/maps/hG43U4Ba9xhyVVTD9

 

Slide Show Foto (Geotag Google Photos):

https://photos.app.goo.gl/UWtwBjfGsUxNRqPF8

PAKET Biaya Jasa Pendirian PT PMA SIUJK Sbu izin SIUJPT NIB

PAKET Biaya Jasa Pendirian PT PMA SIUJK Sbu izin SIUJPT NIB