Begini Cara Merawat Sepatu Safety Agar Tetap Awet

Sepatu safety atau sepatu pelindung terutama untuk pekerja lapangan atau proyek ternyata membutuhkan perawatan yang baik dan benar agar kondisinya tetap terjaga. Sepatu yang berfungsi untuk melindungi kaki dari permukaan yang kasar atau kotor, dari sinar matahari, tumpahan bahan kimia bahkan tusukan benda tajam ini jika tidak dirawat secara khusus tentu performanya tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Banyak tempat jual sepatu safety dengan beragam kualitas, namun tetap saja perawatan yang baik dan benar dibutuhkan agar sepatu safety Anda bisa tetap awet. Lalu, bagaimanakah cara merawat sepatu safety tersebut?
  1. Perhatikan secara rutin sepatu safety Anda setidaknya seminggu sekali jika setiap hari Anda memakainya. Perhatikan bagian tapak sepatu apakah sudah halus dan licin, termasuk bagian midsole apakah sudah menipis. Jika keadaannya demikian, artinya sepatu safety perlu diganti baru.
  2. Bersihkan sepatu safety yang kotor dengan sikat lembut atau lap basah yang lembut. Hindari menggunakan deterjen karena justru dapat merusak bahan sepatu termasuk mengurangi masa pakainya.
  3. Gunakan semir khusus sepatu safety atau conditioner sepatu untuk menjaga minyak alami pada bahan kulitnya. Anda bisa membeli semir sepatu di toko jual sepatu safety sesuai kebutuhan Anda.
  4. Untuk menjaga bentuk sepatu, jika akan disimpan lama, jangan lupa mengisi ujung sepatu dengan gulungan koran atau tisu.
  5. Simpan sepatu safety pada suhu yang kering. Jika disimpan dalam suhu yang lembab, sepatu akan mudah berjamur karena terbuat dari bahan kulit.
  6. Jangan biasakan mengenakan sepatu safety dalam keadaan basah. Ini untuk menghindari penyebaran bakteri dalam sepatu yang mengakibatkan sepatu cepat bau termasuk penyakit jamur pada kaki.
  7. Jika ingin menjemur sepatu, usahakan pada jam-jam tertentu yaitu antara jam 7 pagi hingga 11 siang. Jangan menjemurnya terlalu lama, karena akan mengakibatkan bahan karet meleleh atau lembek.
  8. Jangan mengubah insole sepatu sesuai keinginan, karena bisa saja komponen tersebut berfungsi anti statis. Jika ingin mengubahnya, lebih baik berkonsultasi langsung dengan pemilik toko jual sepatu safety tentang keinginan Anda, sehingga fungsi sepatu tetap optimal. 
Nah, itu tadi beberapa cara merawat sepatu safety agar tetap awet. Perawatan yang baik dan benar akan membuat masa pakai lebih lama dan sepatu pun berfungsi secara maksimal. Semoga bermanfaat!