Kamis, 07 Juni 2018

Menghindari Penipuan Online? Ini 4 Tips Dari Reservasi.Com

0 comments
Bagi masyarakat urban yang sudah terbiasa hidup dengan dinamika serba cepat dan praktis, keberadaan jasa jual beli secara online tentu saja sangat membantu. Demi kepraktisan dan kemudahan berbelanja, masyarakat saat ini lebih memilih berbelanja online. Tak hanya barang-barang saja yang bisa di jual-belikan secara online, berbagai jasa pun saat ini turut diperjual-belikan secara online. Salah satunya adalah jasa pemesanan tiket pesawat  dan reservasi kamar hotel.
Di Indonesia, bisnis pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel secara online sudah lazim dilakukan. Tak heran, banyak sekali situs-situs pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel yang muncul bagai jamur di musim hujan. Namun, beberapa oknum yang tak bertanggung jawab memanfaatkan kemudahan sistem jual-beli menggunakan sistem online ini untuk meraih keuntungan lebih tanpa menghiraukan kebutuhan konsumen.
Oleh karena itu, banyak kasus penipuan berkedok pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel online. Untuk itu, beberapa tips berikut bisa kamu lakukan untuk memilih situs pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel agar bebas dari tipu-tipu:
1.Pesan Melalui Situs Besar yang Sudah Banyak Dikenal
Memilih situs pemesanan pesawat atau reservasi hotel online yang sudah banyak dikenal tidak sulit kok. Kamu mungkin sudah punya situs langganan, namun tidak ada salahnya mencoba mencari informasi situs lain yang menyuguhkan banyak promo untuk mendapat harga lebih murah seperti Reservasi.com. Kamu bisa dengan mudah menilai situs tersebut aman atau tidak dengan mengecek seluruh jadwal dan harga penerbangan yang ditampilkan oleh situs tersebut. Selain sudah terkenal, situs ini juga sangat transparan soal harga tiket pesawat dan hotel.
2.Hindari Melakukan Booking Lewat Telepon Genggam
Berbeda dengan agen penjualan tiket konvensional yang biasanya memaksimalkan komunikasi bisnisnya melalui telepon, situs pemesanan tiket dan hotel online lebih memaksimalkan komunikasi dalam jaringan yang lebih praktis dan murah. Oleh karena itu, jika kamu memesan tiket pesawat atau reservasi hotel secara online jangan pernah melakukannya dengan menghubungi nomor telepon tertentu. Terutama jika nomor telepon tersebut adalah telepon genggam.
Situs pemesanan online tentu akan memanfaatkan sistem-sistem pemesanan berbasis internet yang pada dasarnya tidak terhubung dengan nomor telepon namun ke jaringan internet. Sebagai contoh, Reservasi.com bisa di akses melalui website maupun melalui aplikasi. Dengan beberapa langkah mudah kamu bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel dengan mengklik menu di website maupun aplikasi tanpa perlu menelpon. Mudah, bukan?
3.Perhatikan Fasilitas yang Diberikan
Salah satu langkah mudah untuk memastikan bahwa situs pemesanan tiket dan hotel online yang aman adalah situs  itu terhubung langsung dengan link resmi maskapai penerbangan. Ini berarti di situs tersebut tercantum secara lengkap informasi harga dan keberangkatan pesawat serta rate harga kamar hotel yang di jual.
Oleh karena itu, hanya situs yang secara resmi bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan hotel berkaitan yang dapat memberikan fasilitas ini, seperti reservasi.com yang sangat informatif dan detail dalam memberi informasi soal jadwal dan harga tiket dan hotel.
Di lain sisi, situs pemesanan tiket online dan hotel bodong akan menggiring konsumen menghubungi nomor telepon genggam untuk meyakinkan calon korban karena tidak punya akses resmi ke link maskapai penerbangan dan juga hotel.
4.Situs Terpercaya Memudahkan Konsumen
Berprinsip pada kemudahan dan kepraktisan, situs pemesanan tiket dan hotel online memberikan pelayanan pembayaran yang mudah bagi konsumennya. Konsumen bisa memilih membayar tiket pesawat atau kamar hotel yang dia pesan menggunakan online bank atau transfer bank. Dua cara teratas adalah cara paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia untuk membayar tiket dan hotel secara online.
Jika situs tersebut menggunakan pembayaran online bank berarti secara legal situs tersebut telah  terikat kontrak e-commerce dengan bank bersangkutan sedangkan situs bodong tidak mungkin bisa menjalin kerjasama legal semacam itu dengan bank terkait. Kemudian, jika kamu memilih membayar melalui transfer, perhatikan jumlah nomor rekening yang tertera yang biasanya berbeda dengan nomor rekening kepemilikan individu.
Selain itu, perhatikan atas nama siapa rekening tersebut. Jika nama terang nomor rekening tersebut adalah milik individu, bisa dipastikan itu adalah situs bodong karena situs terpercaya akan mengatasnamakan nomor rekeningnya dengan nama perusahan atau situs tersebut, bukan nama individu.
Beberapa tips diatas yang harus kamu perhatikan sebelum memesan tiket pesawat maupun kamar hotel secara online. Meski zaman sudah semakin berubah dan teknologi semakin maju, kita tetap harus waspada apalagi dalam melakukan transaksi online yang juga rentan dan sering dijadikan ladang untuk menipu.
Jika kamu cukup pintar dalam menggunakan teknologi kamu juga harus cukup pintar dalam memilah dan memilih situs-situs jual beli maupun jasa yang benar-benar terpercaya. Bagi kamu yang sudah pernah mengalami kejadian buruk soal penipuan tiket online bisa memilih dan mencoba situs Reservasi.com yang sudah pasti aman, terpercaya, serta murah dalam menawarkan harga tiket pesawat dan kamar hotel.