Kiat Khusus Menjaga Kesehatan Bayi Prematur dengan Benar dan Tepat


Memiliki bayi merupakan anugerah tak terhingga dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga Anda perlu menjaga titipannya dengan maksimal. Kadang kala bayi yang dititipkan pada Anda memerlukan perawatan yang ekstra karena memiliki kondisi khusus seperti pada bayi yang terlahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang terlahir sebelum usia kandungan mencapai 36 minggu. Kelahiran bayi yang terlalu dini ini mengakibatkan sistem organ yang belum tumbuh sempurna sehingga kondisi fisik bayi lebih rentan dibandingkan bayi yang lahir dengan masa kehamilan normal. Bahkan ada juga bayi prematur yang harus rela terlahir tanpa indra penglihatan karena kurangnya masa di dalam kandungan untuk menyempurnakan mata.
Meski begitu, bukan berarti bayi prematur selalu identik dengan sakit ataupun kekurangan. Dengan perawatan yang maksimal dari tenaga kesehatan beserta keluarga, besar kemungkinan bayi sehat walau terlahir prematur seperti anak pada umumnya. Namun sebelum itu terjadi, tenaga kesehatan dan keluarga perlu memperhatikan detail tumbuh kembangnya terutama pada usia 2 tahun pertama. untuk perawatan di rumah sakit, bayi akan memerlukan perawatan lebih lama dibandingkan yang lain sampai alat pernafasannya bisa bernafas dengan teratur, suhu badan yang stabil meski berada di luar inkubator dan bisa minum ASI tanpa menggunakan selang.
Setelah bayi di bawa pulang ke rumah, Anda dan keluarga yang lain juga perlu memberikan perawatan ekstra terhadap sang bayi. Berikut ini adalah apa-apa yang bisa membuat bayi prematur bisa cepat tumbuh dengan normal:
  1. Ibu yang lebih sering menggendongnya untuk melatih pernafasan, mendekatkan secara batin dengan ibu dan proses pemberian asi yang lebih baik.
  2. Menjaga agar bayi selalu tidur terlentang.
  3. Memberikan lingkungan yang sehat kepada bayi agar tak tertular penyakit.
Meski rentan pada awal kelahirannya, namun sudah banyak cerita inspiratif bayi prematur yang pada masa dewasanya justru menjadi anak yang lebih hebat dibandingkan bayi dengan masa kelahiran normal lainnya. Apapun keadaan bayi Anda, sayangi dan rawatlah ia karena anak merupakan titipan berharga dari Sang Pencipta.