Gunakan Air yang Tepat untuk Radiator Anda

Service genset erat kaitannya dengan mesin rusak dan segala penyebabnya. Salah satu penyebab mesin genset rusak berasal dari radiator yang tidak mampu mendinginkan mesin. Untuk itu, air adalah faktor utama untuk membuat radiator tetap hidup dan membantu mesin bekerja dengan baik.

Namun sebenarnya, air tidak digunakan untuk mendinginkan mesin. Air ini hanya memindahkan panas dari mesin ke radiator. Nah, panas ini kemudian dilepas ke udara ketika air dialirkan pada kisi-kisi radiator. Radiator memiliki musuh utama, yaitu penyumbatan atau kebocoran. Keduanya membuat air tidak dapat mengalir dengan baik, bahkan hingga habis. Sedangkan salah satu penyebab penyumbatan adalah karena penumpukan sedimen yang terbawa dalam air. Maka perhatikan dengan baik air yang digunakan untuk radiator.


Air sumur
Air ini biasanya mengandung banyak mineral. Bahkan pada beberapa daerah, air sumur berwarna kekuningan atau kecokelatan yang menandakan banyak kandungan di dalamnya. Air ini tentu mengandung partikel yang bisa mengendap, mengental, lalu kemudian mengeras di dalam sistem pendingin mesin. Jadi sebaiknya hindarilah penggunaan air sumur untuk radiator. Jika memang harus menggunakan air ini, pastikan warnanya jernih dan bersih. Hati-hati ketika menambahkan cairan coolant untuk air sumur. Coolant radiator dapat membuat sedimen di dalam saluran air terangkat dan dapat menyumbat pada tempat sempit di radiator.

Air mineral
Air ini mengandung mineral yang lebih terukur dibandingkan dengan air sumur. Namun sebenarnya tetap saja kandungan mineral di dalamnya mampu terdeposit (mengendap) dan menjadi kerak pada bagian dalam saluran air mesin. Jika dalam keadaan terpaksa, air mineral ini nyatanya jauh lebih baik dibanding dengan air sumur yang tidak bagus kualitasnya. Air mineral dapat dipastikan lebih jernih dan bersih dari partikel yang besar.

Air reverse osmosis, air AC, air suling

Air dari hasil reverse osmosis ini bagus dan bisa dipastikan bebas dari kandungan mineral. Sama halnya dengan air AC dan air suling yang merupakan hasil langsung pengembunan uap air. Jadi sebaiknya gunakanlah ketiga air ini untuk radiator mesin supaya minim dari penimbunan sedimen.[aa]