Mengenal 4 Destinasi Menarik yang Dinobatkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

Belakangan ini, kita cukup sering mendengar istilah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di media. Pengertian dari Kawasan ekonomi Khusus sendiri adalah area tertentu di suatu daerah yang difungsikan untuk meningkatkan potensi ekonomi di daerah tersebut dengan fasilitas tertentu. Sampai sekarang, Indonesia sudah punya sekitar 11 Kawasan Ekonomi Khusus yang tersebar dari barat hingga timur. Menariknya, empat di antaranya merupakan kawasan pariwisata. Jadi kalau kamu bingung mencari tempat liburan yang menarik, cobalah memesan tiket pesawat online ke 4 daerah berikut ini:

Mandalika
Source: travel.kompas.com
Kawasan Ekonomi Khusus yang ada di Lombok Tengah ini baru saja di resmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober 2017. Peresmiannya pun ramai diperbincangkan setelah Jokowi mengunggah Vlog tentang peresmian Kawasan Ekonomi Khusus seluas lebih dari 1.000 hektare ini di channel Youtube miliknya. Sebagai bentuk dukungan terhadap Mandalika, pemerintah pun memperpanjang runway bandara Internasional Lombok di Praya, melakukan revitalisasi Pelabuhan lembar, sampai penanganan jaringan air bersih di kawasan Kuta dan sekitarnya.

Di sekitar Mandalika, kamu bisa mengunjungi beberapa pantai yang cantik nan eksotis seperti Pantai Kuta di sebelah barat Mandalika yang jauh lebih bersih dan sepi dibanding pantai Kuta di Bali, Pantai Seger dan Serenting di timur pantai Kuta yang sering jadi lokasi festival budaya tahunan Bau Nyale, Bukit Merese yang cantik dan cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit di Lombok, Pantai Tanjung Aan yang disenangi karena sangat inda, tenang, dan memiliki bentuk seperti bulan sabit, Batu Payung dengan formasi karang yang unik dan terbentuk secara alami, hingga pantai Gerupuk yang disukai oleh para pecinta olah raga selancar.
Tanjung Kelayang
Source: poskotanews.com
Sejak film berjudul Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata rilis di bioskop dan mendapat banyak apresiasi dari pecinta film tanah air, pariwisata pulau Belitung yang menjadi latar cerita dari film tersebut benar-benar berkembang pesat. Pesatnya perkembangan pariwisata di Belitung ini memang sangat pantas karena pulau di timur pulau Sumatra ini memiliki bentang alam yang sangat indah, khususnya di kawasan perairan. Salah satunya seperti yang terlihat di pantai Tanjung Kelayang di utara Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih, halus dan bersih, air laut yang biru dan jernih, batuan granit raksasa yang menancap sempurna di bibir pantai, serta suasana yang tenang dan nyaman.
Dengan potensinya yang berlimpah, Tanjung Kelayang pun dinobatkan sebagai salah satu kawasan Ekonomi Khusus di sektor pariwisata dengan luas wilayah yang mencapai sekitar 300 hektare. Meskipun tidak seluas KEK Mandalika, Tanjung Kelayang tetap diharapkan mampu menggenjot perekonomian di bidang pariwisata.
Morotai
Source: Travel.kompas.com
Morotai merupakan sebuah pulau di Maluku Utara yang jadi sasaran untuk dijadikan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus di luar pulau Jawa seluas 1.101,76 Ha. Pembangunannya sendiri masih berjalan sampai sekarang dan rencananya baru akan direskikan pada pertengahan tahun 2018.
Penetapan Morotai sebagai salah satu sasaran Kawasan Ekonomi Khusus di sektor pariwisata tak bisa dilepaskan dari keungulan geostrategis, karena berada di kawasan terluar Indonesia yang berhadapan langsung dengan negara Asia Tenggara lainnya. Lalu, Morotai juga potensi wisatanya yang luar biasa. Morotai memiliki garis pantai yang anggun, perairan yang cantik dari dasar dan permukannya, serta memiliki nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia di era penjajahan.
Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi sata berada di Morotai antara lain Pulau Mitita, Pulau Dodola, Pulau Kokoya, Pulau McArthur, Pulau Koloray, Tugu Trikora, Desa Gatalamo, Museum Perang Dunia II, hingga Wreck Dive.
Tanjung Lesung
Source: travel.kompas.com
Tidak terlalu jauh dari Jakarta, tepatnya di pesisir barat Kabupaten Pandeglang, Banten, terdapat kawasan dengan pantai yang sangat cantik dan belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Namanya adalah Tanjung Lesung. Pantai di tanjung Lesung memiliki pemandangan yang menarik baik dari permukaan atau pun dasar lautnya. Ombaknya pun cukup tenang karena pantai Tanjung Lesung tidak berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Di pantai ini, banyak kegiatan menarik yang biisa dilakukan seperti melihat keindahan matahari terbenam, bersantai dan jalan-jalan di tepi pantai, memancing, snorkeling dan diving, mengunjungi tempat konservasi karang, bermain olah raga air, hingga wisata kuliner. Meskipun kalah tenar dengan pantai Anyer dan Carita yang sama-sama berada di provinsi Banten, Pantai Tanjung Lesung sudah memiliki fasilitas wisata yang cukup mumpuni.
Tanjung Lesung pun sudah dicanangkan sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus di sektor pariwisata dengan luas sekitar 1.300 ha. Selain karena keindahan pantainya, Tanjung Lesung pun dianggap memiliki ‘Culture Heritage; karena berdekatan dengan Taman Nasional Ujung Kulon.
Kalau kamu ingin tahu seperti apa potensi wisata yang ada di 4 destinasi tadi, buruan kunjungi situs tiket pesawat termurah untuk melakukan pemesanan tiket pesawat online.

Untuk mendapatkan tiket pesawat online yang lebih murah, kamu bisa kunjungi reservasi.com, yaitu situs tiket pesawat termurah yang rajin memberikan promo tiket pesawat.[aa]