Sabtu, 29 Juli 2017

Terungkap, Cara Mudah Membuka Kartu SIM Terblokir

0 comments
Terungkap, Cara Mudah  Membuka Kartu SIM Terblokir - Setiap ponsel dilengkapi kartu SIM sebagai kartu telekomunikasi yang akan menghidupkan berbagai fitur pada ponsel tersebut, mulai untuk menelepon, mengirim SMS, hingga mengakses jaringan internet. Tanpa kartu SIM, Anda tidak akan dapat menikamti kecanggihan serta fitur hebat yang dimiliki ponsel Anda. Setiap kartu SIM dilengkapi fitur untuk sistem keamanan yang berupa nomor PIN (Personal Identification Number). User diberikan pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan PIN pada ponsel mereka. Untuk melindungi kartu SIM dari potensi menjadi korban kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisanya user memilih untuk memproteksi kartu SIM mereka dengan mengaktifkan nomor PIN. Dengan mengaktifkan nomor PIN pada kartu SIM kita, tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu kita lupa dengan nomor PIN tersebut. Jika hal ini terjadi, maka kita membutuhkan nomor PUK (Personal Unblocking Key) untuk membuka kartu SIM yang sudah terlanjur terblokir. Lalu bagaimana cara mendapatkan nomor PUK? Beberapa operator di Indonesia sudah menyediakan nomor PUK default (awal) untuk setiap pengguna, seperti operator Indosat dengan nomor PUK 12345678.

Sementara itu, sebagian operator di Tanah Air tidak menyediakan nomor PIN default, seperti operator Telkomsel. Dan bagi Anda yang mengalami masalah kartu SIM terblokir lantaran lupa nomor PIN, berikut saya share cara untuk membuka kartu SIM terblokir untuk kartu Indosat, XL, Axis, Telkomsel, dan 3 (Three). Semoga informasi dibawah bisa menyelesaikan masalah Anda. Bergantung pada operator yang Anda gunakan, proes mendapatkan nomor PUK sedikit berbeda pada masing-masing operator.
Cara Membuka Kartu Indosat Terblokir:
Nyalakan ponsel Anda, dan masukkan nomor PUK 12345678, kemudian silakan masukkan nomor PIN baru sesuai keinginan Anda.
Cara Membuka Kartu XL Terblokir:
Ada banyak cara untuk mendapatkan nomor PUK XL, beberapa dianatranya adalah sebagai berikut:
Tekan *123# pilih ‘MyInfo’ lalu pilih ‘PUK’
Buka laman 123.xl.co.id > Info umum & bantuan > PUK > ikuti proses selanjutnya
Hubungi layanan pelanggan Xl di 817 dengan menggunakan kartu XL lainnya. (Bisa pinjam punya teman terlebih dulu)
Cara Membuka Kartu AXIS Terblokir:
Setelah diakuisisi oleh XL Axiata, layanan Axis pun banyak yang menyerupai XL. Anda bisa mengakses laman net.axisworld.co.id atau dengan menghubungi nomor 123. Tanyakan nomor PUK kartu SIM Anda ke CS dan bisanya Anda akan ditanya ICCID kartu SIM Anda. Silakan bacakan nomor yang tertera pada bagian belakang kartu SIM Anda.
Cara Membuka Kartu Telkomsel Terblokir:
Gunakan kartu SIM Telkomsel yang tidak bermasalah, kemudian hubungi Layanan Telkomsel pada nomor 188. Tanyakan nomor PUK Anda ke bagian CS. Catat ICCID kartu SIM Anda karena kemungkina besar akan ditanyakan oleh operator.  Alternatif lainnya adalah dengan mengakses *116# OK/Yes dari ponsel Anda.
Cara Membuka Kartu 3 (Three) Terblokir:

Silakan hubungi nomor 123 menggunakan kartu 3 yang masih bisa digunakan, kemudian tanyakan nomor PUK kartu 3 Anda yang terblokir. Prosedurnya hampir sama dengan mendapatkan nomor PUK untuk kartu Telkomsel.[aa]