Tips Cara Cepat Unroot Android Tanpa PC/Komputer

Tips Cara Cepat Unroot Android Tanpa PC/Komputer - Banyak  juga pengguna Android yang menahan diri untuk tidak root android mereka karena takut kehilangan garansi dan juga takut proses root android tersebut dapat merusak perangkat android mereka. Jadi terbagi menjadi 2 kelompok besar, yang satu sangat senang untuk bisa rooting smartphone android mereka, ada yang sama sekali tidak mau root gadget mereka, mereka ingin gadget android mereka tetap original. Bagaimanapun juga, ada kondisi tertentu ketika Anda mungkin mempertimbangkan untuk unroot ponsel android anda, terutama jika Anda perlu untuk mengklaim garansi dan, dalam beberapa kasus, untuk menerima update OTA. Apapun masalahnya, jika Anda ingin unroot Android Anda.
Metode yang paling populer digunakan orang awam untuk unroot android mereka adalah dengan cara flashing gadget mereka ke settingan pabrik. Hal ini bukan karena mudah untuk dilakukan, namun seringkali karena orang tidak menyadari metode yang mudah lainnya. nah berikut ini adalh lima langkah mudah untuk un-root ponsel android anda:
Metode Unroot android 1: Menggunakan Root Browser
Berikut ini adalah cara pertama yang cukup mudah, yaitu dengan install aplikasi android gratis dengan nama Root Browser:  
  1. Unduh dan install aplikasi android root browser yang dapat anda dapatkan secara gratis di google play store disini.
  2. Cari dan lihat pada folder /system/, lalu buka /bin/
  3. Sekarang carilah file bernama su, tekan dan tahan dan pilih pilihan Delete. Jika Anda tidak menemukan file su, skip saja dan lanjut ke langkah berikutnya (saya tidak menemukan file ini pada perangkat seperti LG G3 dan HTC One M8 tapi ada di Nexus 5).
  4. Kemudian buka folder /system/xbin/dan hapus file su dari folder ini juga.
  5. Setelah filenya dihapus lanjut buka folder /system/app, cari file Superuser.apk dan hapuslah.
  6. Langkah terakhir, keluar dari aplikasi root browser ini dan reboot smartphone android anda.
  7. Selesai!
Metode 2: UnRooting android Menggunakan Aplikasi Universal Unroot / Ginger Unroot app
Ada metode lain yang lebih mudah untuk UnRooting ponsel Android atau tablet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Android 4.2.2 kebawah. Yang anda lakukan cukup mudah, yaitu cukup mengunduh dan menginstall aplikasi dari google play store, aplikasinya adalah Universal Unroot atau Ginger Unroot. Setelah terinstall, buka aplikasinya, dan ini akan bekerja sampai selesai dan mengembalikan gadget anda ke posisi tidak di root. Kelemahan dari dua aplikasi ini adalah keduanya tidak gratis, anda harus bayar sekitar $0.99 per aplikasinya.
Metode 3: Unroot dengan Pilihan setting pada Aplikasi SuperSU
Jika Anda belum melakukan pemulihan kustom pada perangkat Anda dan ingin melakukan unroot dengan mudah, Anda dapat melakukannya dari dalam pengaturan dalam aplikasi SuperSU sendiri.
  1. Yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi SuperSU pada perangkat Anda.
  2. Tab ke pilihan Settings
  3. Scrol sampai ke bawah dan pilih: Full unroot.
  4. SuperSU akan bertanya pada anda apakah Anda benar-benar ingin melanjutkan UnRooting perangkat Anda. Ketuk saja Lanjutkan.
  5. Sekarang reboot perangkat Anda dan ketika boot up, hapus aplikasi SuperSU dengan memilih pilihan Uninstall.
Ponsel atau tablet anda seharusnya sekarang sudah dalam posisi Unrooted. Selamat!
Metode 4: Unroot Android tanpa PC dengan Install pembaruan OTA
Jika Anda bisa mendapatkan notifikasi ada update software dari perangkat OEM saat gadget anda sedang posisi root, terima saja dan lakukan update software resminya, maka gadget anda akan unroot secara otomatis setelah proses update selesai, mudah sekali bukan?
Metode 5: Cara unroot android dengan Instalasi Stock Firmware

Cara yang paling populer untuk unroot perangkat Android adalah dengan flashing ke firmware resmi. Metode ini dapat bekerja bahkan pada perangkat yang memiliki pemulihan kustom atau kernel yang terpasang padagadgetnya. Karena firmware resmi adalah paket lengkap yang berisi semua partisi sistem, tidak peduli apakah Anda memiliki ponsel yang sudah ada CWM / TWP atau bahkan sudah install kustom ROM di dalamnya. [aa]